Social Icons

Pages

welcome

Jumat, 14 Maret 2014

Pentingnya Etika - Resume



Pada pertemuan ke 2 mata kuliah Etika Profesi  ini membahas tentang Pentingnya  Etika
Terdapat 3 sisi akademis :
1. Ilmu Pengetahuan
-merupakan informasi yang sudah di akui kebenarannya. Ilmu pengetahuan di pondasi oleh filsafat
2. Filsafat
3. Etika
- digunakan untuk  mengarahkan seseorang supaya teratur (menjadi yang lebih baik)
Dalam tingkatannya etika berada di tingkat yang tertinggi. Karena etika adalah hal yang sangat berpengaruh dan menentukan baik buruknya pribadi seseorang. Di tingkat kedua adalah filsafat, kemudian di tingkat terakhir ada ilmu pengetahuan sebagai dasarnya.

3 pilar supaya dapat sukses dari sisi manusia yaitu :
1. Ilmu
- ilmu digunakan untuk menaikkan derajat seseorang. Dengan adanya peningkatan ilmu yang didapat maka diperlukan juga ada perbedaan sikap dan pola pikir.
2. Keahlian
-keahlian terbagi menjadi 2 yaitu hardskill dan softskill. Softskill bisa disebut sebagai keterampilan yang dimiliki masing-masing personal (life skill).
- keahlian dapat diakui atau dicari ketika kita dapat mencari pengalaman di luar.
3. etika
- etika selalu relevan sepanjang masa dan menentukan keberlangsungan peradaban manusia. Etika bersifat universal.
- etika merupakan pondasi dari pilar ini. Itu berarti jika tidak ada atau tidak  memiliki etika, maka keahlian dan ilmu yang dimiliki juga akan percuma, tidak berguna.

Kemajuan bangsa bukan ditentukan dari usia bangsa nya melainkan dari masyarakatnya.  Contohnya saja, banyak negara yang kekayaan alamnya tidak seperti yang dimiliki oleh negara indonesia, seperti di Jepang, Swiss, Singapura negara tersebut disebut sebagai negara maju dibandingkan indonesia yang masih tertinggal.
Apa alasannya :
-          Negara tersebut mempunyai etika sebagai prinsip dasar
-          Negara tersebut punya kejujuran dan integritas
-          Bertanggung jawab
-          Hormat pada aturan dan hukum masyarakat.
-          Hormat pada hak orang atau warga lain
-          Cinta pekerjaan (tidak berganti-ganti pekerjaan, jadi seumur hidup akan bekerja ditempat dia bekerja hingga pensiun)
-          Tepat waktu
-          Mau bekerja keras
-          Berusaha keras untuk menabung dan investasi.
Contoh etika yang benar kita yang masih menuntut ilmu adalah selalu sabar tabah dalam menghadapi pelajaran. Dengan begitu makan jiwa kita akan tertanam jiwa yang sabar dan tabah dalam menghadapi masalah. Hormat dan taat pada perintah dan nasehat pengajar, maka dengan begitu dalam jiwanya akan tertanam rasa hormat kepada orang tua dan orang yang lebih tua darinya.  Selain itu berbicara tentang hal yang berguna, tidak berburuk sangka, memberi salah dan menggunakan bahasa yang sopan serta mempunyai tata krama. Kemudian tidak sombong maka dengan begitu akan tertanam sifat rendah diri.

Etika yang baik itu penting, karena dengan mempunyai etika yang baik,  akan membuat pribadi kita menjadi lebih baik dan dipandang positif oleh orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews